Sistem Cardiovascular

sistem cardiovascular bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia

sistem cardiovascular

Tubuh manusia memiliki banyak sel serta saraf, sehingga manusia dapat bergerak untuk melakukan suatu aktivitas tentunya dengan adanya stimulus dan respon dari otak kemudian informasi berisi perintah tersebut di salurkan ke bagian tertentu tubuh. Sehingga menjadikan tubuh dapat bergerak untuk melakukan aktivitas, saraf tersebut saling berkumpul dan membentuk suatu sistem yang dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan suatu hal.

Penciptaan terbaik serta spektakuler ialah dengan diciptakannya manusia ke muka bumi yang ditugaskan untuk memakmurkan serta menjaga bumi ini tetap asri. Penciptaaan yang dilakukan oleh sang pencipta tidak begitu saja dengan asal diciptakan akan tetapi dengan kekuasaan yang mutlak serta manusia dilengkapi dengan sistem dan komponen yang luar biasa canggihnya, diharapkanĀ  dengan adanya kemampuan yang mendukung dapat digunakan sebagai cara untuk menjadikan manusia dapat mengelola bumi dengan bijak serta diharapkan mampu memberikan kemaslahatan (kebaikan) kepada semua makhluk di bumi.

Salah satu sistem yang canggih dimiliki oleh manusia sering disebut dengan sistem cardiovaskuler lebih menitik beratkan berupa jantung dan pembuluh darah pada manusia. Sebagian mungin bertanya-tanya tentang apa itu sistem cardiovaskuler, sistem cardiovaskuler merupakan salah satu sistem yang dimiliki manusia yang berfungsi untuk manyalurkan kandungan zat pada makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh manusia berupa gizi, vitamin dan oksigen. Sistem cardiovaskuler memiliki tiga bagian utama yakni darah, jantung dan pembuluh darah. Selanjutnya akan dibahas lebih mendalam mengenai tiga hal tersebut. Silahkan dibaca dengan seksama.

3 Bagian Utama pada Sistem Cardiovaskuler:

  1. darah

darah merupakan cairan berwarna merah yang membawa bahan dari jaringan keluar dan masuk. Darah terdapat eritrosit,lekosit,trombosit serta plasma, selain itu darah memiliki warna merah hanya saja warnanya cukup bervariasi yakni ada yang berwarna merah cerah dan gelap hal tersebut karena faktor oksiden dalam darah. Kemudian darah memiliki beberapa fungsi bagi tubuh yakni transportasi, regulasi, proteksi. Setiap orang memiliki jumlah darah yan berbeda-beda karena setiap oarang memiliki bentuk tubuh yang tidak sama satu dengan lainnya.

  1. jantung

alat selanjutnya bernama jantung dengan ukuran kepalan tangan merupakan alat yang digunakan sebagai memompa darah. Kemudian jantung memiliki dua ruang yang erfungsi sebagai penerima dan pemompa darah.

  1. pembuuh darah

pembuluh darah merupakan tempat saluran darah mengalir ke jantung. Jantung berfungsi sebagai alteri (membawa darah), vena (mengalirkan darah), kapiler (tempat pertukaran darah). Pembuluh darah memiliki struktur berupa tunica intima, tunica media, tunica eksterna.