Seni khas indonesia

seni itu indah dan mempesona

keunikan seni di indonesia

Berbicara mengenai seni sangat banyak  sekali dan tidak ada ujungnya karena setiap negara memiliki seni yang berbeda-beda. Diatara banyaknya negara, indonesia merupakan negara kaya akan seni. Seni banyak sekali ditemukan di indonesia karena indonesia negara yang memiliki banyak suku dan keanekaragaman budaya dari sambang sampai merauke.

Berbagai motif serta alat adat banyak ditemukan pada setiap suku. Suku di indonesia memiliki banyak kekayaan berupa warisan seni para leluhur mereka. Lebih jelasnya mari kita lihat informasi mengenai berbagai seni di indonesia. Berikut informasi yang anda butuhkan…

Seni khas indonesia:

  1. Senjata tradisional

Senjata merupakan salah satu bentuk kesenian yang dimiliki semua suku di indonesia. Pada awalnya sejata digunakan sebagai alat pertahanan diri dari musuh, perang dan bercocok tanam. Seiring perkembangan zaman senjata tersebut lebih banyak digunakan sebagai alat membantu pekerjaan dan sebagai seni yang memiliki nilai eonomis.

  1. Batik

Kesenian khas indonesia yang satu ini telah diakui oleh dunia. batik terdapat hampir merata diseluruh wilayah indonesia bahkan sampai ke pedalaman. Batik identik dengan motif dan canting. Itu karena ketika membatik dibutuhkan alat yang bernama canting untuk menggambar kembali motif yag sudah dibuat sebelumnya.

  1. Rumah adat

Semua suku di indonesia memiliki rumah adat yang berbeda satu sama lain. Diatara rumah adat di indonesia memiliki keunikan dan keistimewaan satu sama lain. Banyaknya rumah adat ada yang berbentuk limas, joglo dan lainnya. Semua itu menambah kekayaan budaya bangsa indonesia.

  1. Kerajinan

Kerajinan yang banyak terdapat di indonesia berupa gerabah, anyaman, ukiran. Jenis kerajinan berupa gerabah memiliki banyak keuntungan dari kerajinan yang lain karena gerabah banyak digunakan masyarakat untuk kebiatan sehari-hari contohnya tempat penampungan air, pajangan serta banyak lainnya.

  1. Tarian

Menari merupakan aktivitas yang mungkin sebagian orang kurang suka melakukannya. Hal tersebut berbeda dengan tarian suku di indonesia. seni dalam tarian adat memiliki berbagai simbol dan makna salah satunya untuk menyambut tamu, tarian perang, tarian suatu acara dan hari kebesaran suku tersebut.