Metode Sterilisasi Alat Kesehatan

Metode Sterilisasi Alat Kesehatan

Di dalam membersihkan alat kesehatan dari bakteri atau mikroorganisme berbahaya yang masih menempel ada beberapa metode sterilisasi yang digunakan. Alat-alat kesehatan yang membutuhkan sterilisasi terutama yang dalam penggunaannya bersentuhan langsung dengan cairan atau jaringan tubuh.

Beberapa metode yang digunakan antara lain adalah dengan menggunakan panas kering atau secara fisik, dengan panas basah yaitu dengan menggunakan uap bertekanan tinggi, serta secara kimia baik dengan perendaman atau dengan gas.

Sebelum melakukan sterilisasi ada langkah-langkah yang harus dipenuhi, yaitu :

  • Dekontaminasi : Yaitu cara untuk menurunkan jumlah mikroorganisme pada suatu peralatan, supaya aman digunakan.
  • Pencucian : ini merupakam hal yang sangat diperlukan sebelum dilakukan proses sterilisasi, yang bertujuan untuk membersihkan debu, kotoran atau debu yang masih menempal.
  • Disinfeksi : Bertujuan untuk membunuh mikroba, namun dengan cara ini hanya untuk mengurangi saja karena tidak dapat membunuhnya secara keseluruhan.

Untuk memperoleh hasil sterilisasi yang maksimal maka perlu dilakukan secara tepat, baik dari segi waktu, suhu dan jumlah alat yang disterilkan. Seperti yang disebutkan diawal tadi bahwa ada 3 metode yang digunakan, berikut penjelasannya :

Metode Panas Kering
Untuk metode panas kering biasanya cara yang digunakan adalah dengan menggunakan oven atau dengan dibakar langsung. Metode ini memang bisa membunuh semua bakteri yang ada, namun jika dilakukan secara terus menerus akan tidak baik untuk kelangsungan alat yang disterilkan, karena bisa rusak atau rapuh.

Metode Uap Bertekanan
Pada metode yang memanfaatkan uap panas bertekanan tinggi, alat yang digunakan umumnya adalah dengan autoclave. Autoclave ini fungsinya diibaratkan seperti panci untuk mengukus. Jadi nantinya alak yang akan disterilkan ditaruh dalam autoclave dan dipanaskan. Uap panas yang dihasilakan inilah yang akan mensterilkannnya. Untuk hasil yang optimal maka sebaiknya alat kesehatan yang dimasukan jangan terlalu banyak, kalaupun banyak sebaiknya memang menggunakan yang berkapasitas besar, walaupun mungkin harga autoclave dengan kapasitas besar akan sedikit lebih mahal, namun akan mengefisienkan pekerjaan.

Metode Kimia
Untuk metode kimia biasanya adalah dengan memanfaatkan gas atau bisa juga dengan filter dan desinfektan, namun cara ini hanya untuk alat atau bahan tertentu saja, karena tidak bisa membunuh bakteri mikroorganisme yang ada.