Mengunci Jahitan Pada Mesin Jahit Singer

Cara Mengunci Jahitan Pada Mesin Jahit Singer Dan Tips Menjahit

Dalam hal menjahit, mengunci jahitan baik di awal maupun di akhir jahitan sangatlah penting. Mengunci jahitan bertujuan untuk membuat benang tidak mudah lepas atau terurai. Semua mesin jahit memang memiliki kegunaan dan fungsi yang sama namun fiturnya sedikit berbeda. Akibatnya, untuk beberapa mesin jahit, mengunci jahitan pada mesin jahit harus dilakukan dengan cara manual. Bagaimana cara untuk mengunci jahitan secara manual? Apa saja tips-tips menjahit lainnya?

Mengunci Jahitan Pada Mesin Jahit Singer

Mengunci Jahitan Manual

Cara mengunci jahitan pada mesin jahit secara manual dilakukan dengan cara mengganti arah jahitan kain sehingga seperti menjahit terbalik. Berbeda dengan mesin jahit yang lebih modern yang mempunyai tombol reverse sehingga akan lebih memudahkan ketika mengunci jahitan. Untuk mengunci jahitan secara manual, kain ditempatkan dibagian bawah sepatu jahit lalu sepatu jahit diturunkan serta didudukan jarum jahit sehingga posisi jarum menembus kain.

Setelah itu, jahitlah sesuai dengan garis yang dibuat 2-4 setikan lalu tekanlah tombol reverse sembari menginjak pedal mesin jahit agar jahitan menjadi terbalik kearah kain bagian ujung. Lalu, lepaskanlah tekanan tombol tersebut dan jahit sesuai garis yang ada sampai akhir. Untuk mengunci jahitannya, tombol reverse kembali ditekan sembari menginjak pedal pelan-pelan dengan tujuan membuat jahitan yang berlawan arah. Sebagai langkah terakhir, tekanan tombol reverse dilepas dan mulai dijahit biasa.Pada umumnya setiap pembelian mesin jahit di toko mesin jahit di bekasi anda mendapat treining penggunaannya.

Tips Menjahit Bagi Pemula

Setelah mengetahui tips mengunci jahitan, penting halnya untuk mengetahui tips-tips menjahit lainnya, khususnya bagi para pemula. Berikut ini adalah beberapa tips menjahit yang dapat ditiru.

  1. Ketika menjahit, penjepat benang harus tepat berada di atas jarum dengan posisi yang lebih tinggi karena jika tidak dilakukan maka benang tidak terpasang.
  2. Untuk memastikan apakah jarum yang dipakai sudah tepat, cobalah untuk menusuk jahitan dahulu dan gunakan pada bahan yang sama yang akan digunakan untuk menjahit. Hal ini dilakukan untuk mencegah permasalahan benang macet.
  3. Ketika menjahit di bagian lekukan atau sudut, jangan menghentikan proses menjahit pada saat jarum di atas atau keluar dari kain. Biarkanlah jarum secara sempurna menempel pada kain atau bahan yang digunakan ketika menjahit.
  4. Apabila benang terlalu kencang atau sebaliknya, ulangilah proses menjahit.
  5. Gunakanlah jarum yang baru dan tajam karena jarum bekas akan beresiko membuat benang macet dan juga merusak bahan untuk menjahit.
  6. Ketika memulai menjahit, pastikan untuk menjahit garis lurus terlebih dahulu dengan cara menjaga gerakan menjahit agar tetap lurus.
  7. Periksalah gulungan benang yang ada pada sekoci. Apabila ada kemungkinan benang akan habis ketika tengah menjahit, gantilah gulungan dengan yang baru sebelum menjahit.

Menjahit tidaklah mudah. Dibutuhkan keuletan dan ketrampilan yang tinggi untuk memperoleh hasil yang baik. Ulasan mengenai cara mengunci jahitan pada mesin jahit dan juga tips-tips menjahit dapat dijadikan panduan sebelum mulai menjahit atau anda dapat mengklik tautan ini https://www.singerjakarta.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *