Melestarikan Warisan Budaya Batik Indonesia

Meskipun batik merupakan salah satu pakain tradisional, namun di saat sekarang ini batik sudah menjadi salah satu fashion yang banyak diminati mulai dari anak muda sampai dengan yang tua. Memakai pakaian batik sekarang bukanlah menjadi hal yang dianggap kuno atau ketinggalan jaman, karena sekarang batik sudah dibuat sedemikian rupa hingga tercipta suatu model yang bisa mengikuti perkembangan fashion di jaman sekarang ini. Sebagai contoh batik wanita, bisa kita lihat berbagai macam model ataupun bentk baju yang dipadukan dengan bahan yang memiliki motif batik. Dan modelnya pun semakin hari semakin tak kalah bagusnya dengan model baju yang sekarang.

Jadi dengan membuat baju dengan desain yang menarik, akan membuat orang menjadi tidak malu lagi untuk memakai pakaian yang bermotif batik. Karena para perancang baju atau yang sering disebut pula sebagai desainer merancang pakaian dengan motif batik yang disesuaiakn dengan model pakaian sekarang. Sehingga hasil yang dibuat oleh para perancang busana terlihat modern dan sangat menarik untuk dipakainya. Bahkan sampai ada acara fashion yang khusus memamerkan peragaan busana batik dari para perancang busana terkenal indonesia. Jadi mereka salang berlomba untuk memamerkan hasil rancangan baju mereka dengan bahan dasar batik yang didesain dengan model baju yang lebih modern.

Terlebih lagi saat ini telah ditetapkan hari batik nasional yaitu pada tanggal 2 Oktober selalu diperingati sebagai hari batik, untuk melestarikan batik warisan budaya kita. Dan ada di beberapa instansi ataupun kantor-kantor yang mewajibkan pada setiap hari Jum’at untuk memakai pakaian batik. Untuk mencari pakaian tersebut tentulah tidak terlalu sulit untuk menemukannya. Banyak sekali model-model batik wanita modern yang bisa kita temui di pusat-pusat perbelanjaan di sekitar kita. Serta dengan harga yang cukup bervariasimulai dari harga yang termurah sampai dengan yang termahal dapat dengan mudah kita temukan. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan yang kita inginkan.

Bahkan di beberapa daerah-daerah di Indonesia saat ini telah mengadakan acara-acara tahunan yang diselenggarakan di pusat-pusat kota dengan menyajikan karya atau hasil dari para pelaku usaha kreatif yang berupa batik tersebut. Dengan begitu warisan budaya kita akan selalu dilestarikan dan dikenal oleh penerusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *