Makanan Sehat Untuk Menurunkan Kolesterol

Sekarang, kolesterol tinggi tidak hanya dialami oleh orang yang sudah memasuki usia tua. Anak muda pun sekarang banyak yang telah memiliki kolesterol tinggi. Penyebabnya banyak, salah satu faktornya adalah kurangnya asupan serat dan terlalu banyak memakan makanan siap saji. Sebagaimana kita ketahui, bahwa kolesterol tinggi dalam darah cukup berbahaya karena bisa berdampak buruk dan menimbulkan beberapa penyakit seperti serangan jantung, stoke dan gangguan lainnya.

Makanan Sehat Untuk Menurunkan Kolesterol

Lalu bagaimana, apabila kadar kolesterol kita terlanjur lebih dari cukup ? Harus diturunkan, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan memakan makanan sehat yang bisa untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah kita. Oleh karena itu sebaiknya anda tahu apa saja makanan sehat yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, berikut diantaranya :

1. Kacang dan Kedelai
Protein nabati yang terkandung di dalam kacang dan kedelai sangat baik untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Makanan olahan dari bahan ini juga memiliki khasiat yang sama seperti tahu & tempe. Dari seumber yang saya dapatkan 0,5 ons kedelai yang kita konsumsi bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah kita sebanyak 6%. Jika ini benar, maka anda bisa hitung sendiri berpa banyak yang anda butuhkan untuk mengikis kolesterol di dalam darah anda.

2. Perbanyak Sayuran & Buah Segar
Jika anda suka ngemil di malam hari ? Coba gantilah cemilan anda dengan buah – buahan. Apabila anda tidak suka mengkonsumsi sayuran, mulai sekarang cobalah untuk menyukainya. Karena dua jenis makanan ini mengandung lemak jenuh yang sangat rendah. Anda akan tetap kenyang dengan mengkonsumsinya namun kadar lemak jahat di dalam tubuh anda tidak bertambah justru sebaliknya.

3. Omega 3
Asam lemak omega 3 merupakan makanan yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan tidak berpengaruh terhadap kolesterol jahat. Anda bisa mendapatkan asupan omega -3 dengan cara mengkonsumsi ikan seperti salmon, makarel, tuna dan sejenisnya. Ikan juga dapat menurunkan kadar lemak trigeliserid dalam darah anda. Ada beberapa bahan makanan lainnya yang juga baik memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda seperti buah alpukat, oats, dan makanan yang mengandung banyak sterol dan stanol .