Keren, Kampung ini jadi kampung 3D yang Menarik

Panorama menawan tersaji di Gang Husada, Pamulang Barat, Tangerang Selatan. Trek kampung ini disulap menjadi kanvas dan dilukis tiga dimensi (3D). Berbeda dengan lukisan 3D di daerah lainnya, Gang Husada mengusung tema sungai dan panorama.

Nuansa alam mendominasi lukisan 3D di Gang Husada. Lukisan sungai memrentang di sepanjang jalan. Gambar sungai itu juga dilengkapi dengan ikan di sejumlah spot.

Tidak cuma itu, dinding di sepanjang jalan ini juga dilukis dengan gambar panorama alam, seperti gunung dan sawah.


Ketua RT 06, Edi mengatakan, mulanya tak mengira akan memastikan untuk melukis trek dengan gambar 3 dimensi. Tujuannya cuma mau membikin suasana kampung berbeda dan lebih menawan.

“Masukannya mengalir aja, pernah lihat juga ada di Jogja seperti ini. Intinya kami mau tampil beda,” sebut Edi terhadap kami yang berbincang pada sore dini hari.

Edi menuturkan, pembuatan lukisan 3D ini ialah tindak lanjut dari program kampung menawan Pemkot Tangerang Selatan. Gang Husada terpilih oleh Pemkot Tangerang Selatan.

“Tapi, kita buat sesuatu yang beda, kita ciptakanlah lukisan (3D) kayak gini. Apabila kampung lain itu hanya dindingnya aja dilukis,” imbuh ia.

Sebagai kompensasi, Pemkot Tangerang Selatan memberikan dana Rp 12,5 juta untuk mempercantik kampung. Melainkan, warga RT 6 mengumpulkan uang kembali untuk menambah kekurangan dana.”Dari Pemkot Rp 12,5 juta, terus ditambah patungan warga. Ya abis Rp 20 jutalah ini,” terang ia.

Menurutnya, pembuatan lukisan tiga dimensi memakan waktu hampir 10 hari yang diawali semenjak tanggal 5 Maret 2018. Lalu mulai disahkan pada tanggal 20 Maret 2018.

“Progres mulai dari tanggal 5 Maret, disahkannya tanggal 20 Maret. Baru 10 harilah ini,” pungkasnya.

Dengan adanya kampung 3D ini membuat inovasi untuk pariwisata semakin banyak. Tidak hanya tempat yang berupa pemandangan alam, pemandangan layaknya 3D juga bisa jadi solusi untuk memanjakan mata kita.

Mari dukung lebih banyak kampung – kampung lain untuk bisa lebih kreatif membangun ekonomi kerakyatan dimana kampung jadi destinasi wisata untuk pendapatan desa. dan juga bisa menaikan taraf hidup orang kampung. semoga saja ada orang kreatif lain bisa sperti di Pamulang ini.