Jenis Karya Seni Rupa 3 Dimensi dan Contohnya…

seni rupa yaitu seni yang memprioritaskan nilai estetika serta keindahan satu karya. Karya seni rupa adalah suatu hal yang bisa diliat serta diraba. Contoh karya seni rupa yang telah kita kenal mulai sejak dulu yaitu lukisan, kaligrafi, patung, arsitektur, serta seni kriya. Bila digolongkan berdasar pada bentuk serta wujudnya, karya seni rupa dibagi jadi seni rupa 2 dimensi serta seni rupa 3 dimensi.

Seni rupa 2 dimensi yaitu seni rupa yang dibatasi oleh panjang serta lebar. Berlainan dengan seni rupa 2 dimensi, karya seni rupa 3 dimensi tidak cuma dibatasi oleh panjang serta lebar, namun juga kedalaman. Kesempatan ini, kita juga akan mengulas dengan detil type karya seni rupa 3 dimensi yang bisa diliat dari sisi peranannya.

Seni kriya adalah satu diantara type karya seni rupa 3 dimensi yang adalah gabungan seni rupa terapan serta seni rupa murni. Kenapa sesuai sama itu? Seni kriya di buat bukan sekedar untuk satu peranan, namun juga melihat nilai estetika dari karya yang di buat. Singkatnya, seni kriya bisa disimpulkan jadi seni kerajinan tangan. Orang yang buat seni kriya betul-betul memercayakan ketrampilan tangannya supaya karya yang diciptakannya mempunyai peranan serta elok waktu diliat.

Arti seni kriya mungkin saja terdengar elit, karna sebenarnya seni kriya itu memanglah suatu hal yang dapat dipandang mewah. Umumnya, hasil seni kriya seringkali kita dapatkan di beberapa tempat yang terkait dengan pariwisata, umpamanya saja di lobby hotel atau tempat tinggal makan. Kita dapat temukan kursi, meja, atau guci yang bukan sekedar digunakan sesuai sama peranannya, namun juga untuk keperluan memanjakan mata beberapa pengunjungnya.

Terkecuali di ke-2 tempat itu, seni kriya dapat juga diliat pada bebrapa tempat tinggal yang menggunakan style Jawa atau Bali. Seni kriya yang digunakan pada bebrapa tempat tinggal dengan style itu umumnya terdapat pada ukiran pintu, tembok, atau plafon rumah. Berikut ini juga akan di uraikan sebagian contoh seni kriya 3 dimensi.

1. Anyaman

Aktivitas dalam seni yang satu ini yaitu mengatur bahan basic sama-sama tindih atau menyilang. Beberapa bahan yang digunakan umumnya yaitu bahan yang enteng, gampang dipindahkan, serta lentur (gampang dibuat). Bahan basic yang digunakan dalam kerajinan ini begitu bermacam, dapat dari daun, bilahan bambu, kayu rotan, atau dapat pula bahan sintetis.

Namun, bila menginginkan anyaman berbentuk 3 dimensi yang ketahanannya baik, yang umum digunakan yaitu bambu, rotan, serta bahan sintetis. Hasil anyaman 3 dimensi dari bambu biasanya berbentuk perabotan rumah tangga, namun bersamaan perubahan jaman, kreatifitas anyaman bambu saat ini merambah ke dunia fashion.

Perabotan rumah tangga yang di buat berbahan bambu telah kita kenal, terlebih untuk kita yang sempat lihat dapur di pedesaan, jadi kita juga akan banyak menjumpai perabotan rumah tangga yang di buat dari bilahan bambu. Misalnya :
Nyiru
Tempat nasi
Tudung saji
Topi petani
Tempat alat-alat sembahyang

Beda dengan pedesaan, di perkotaan hasil anyaman bambu dibuat jadi lebih kreatif sekali lagi serta bahkan juga jadi trend. Hasil anyaman bambu jaman saat ini dapat berbentuk : Anyaman
Tas
Topi
Dompet
Tudung lampu
Hiasan dinding.

Terkecuali bilahan bambu, rotan dapat jadi alternatif dalam pembuatan kerajinan 3 dimensi. Rotan adalah tumbuhan menyebar, panjang, serta tumbuh liar di rimba. Kelenturan rotan begitu mensupport agar bisa jadikan anyaman yang mempunyai peranan gunakan, tahan lama, dan indah. Hasil anyaman rotan banyak kita temui di masa saat ini. Misalnya kursi, meja, keranjang, serta bahkan juga ada yang lebih kreatif sekali lagi, yakni sandal serta sepatu.

2. Kerajinan Keramik

Kerajinan KeramikJenis karya seni rupa 3 dimensi yang satu ini dulunya terbuat dari tanah liat yang perlu diolah lewat cara dibakar, misalnya gerabah serta genteng. Namun dengan majunya tehnologi, bahan basic keramik dikombinasi dengan logam kimia spesifik, hingga membuat bahan basic yang baru. Karakter keramik dapat kita saksikan dengan terang, sifatnya gampang pecah, kaku, serta keras. Karya seni keramik umumnya tampak mengkilap serta relatif mahal.

Kerajinan keramik di Indonesia cukup gampang didapati. Kerajinan keramik itu dapat kita saksikan di daerah Purwakarta, Malang, serta Minahasa. Bentuk-bentuk karya keramik di 3 daerah itu begitu bermacam. Di Minahasa, persisnya di Desa Pulutan, bentuk kerajinan keramik di desa ini yaitu bermacam type pot, pajangan, serta wadah. Terkecuali Minahasa, daerah Purwakarta juga populer dengan kerajinan keramiknya.

Bermacam bentuk kerajinan keramik di buat di daerah ini, dari mulai yang berperan jadi pajangan sampai perabotan rumah tangga. Masih tetap didalam Pulau Jawa, ada daerah yang eksis karna kerajinan keramiknya, persisnya daerah Dinoyo, Malang. Awal mulanya, keramik daerah Dinoyo memakai bahan basic tanah liat. Bersamaan dengan berjalannya saat, serta masuknya budaya Cina, kerajinan keramik di daerah ini menggunakan gabungan bahan porselen.
3. Kriya Logam

Seni kriya logam di negeri kita ini adalah warisan budaya dari nenek moyang yang telah mendarah daging. Mulai sejak jaman dulu, terutama jaman pemerintahan yang masih tetap berupa kerajaan, kriya type ini telah banyak digunakan. Umpamanya saja senjata untuk penjagaan kerajaan atau waktu berperang, semua terbuat dari logam. Contoh senjata itu yaitu keris, pedang, tombak, serta tameng. Ada pula alat-alat musik yang di buat dari logam, seperti gong serta gamelan. Perabotan rumah tangga juga terdapat banyak yang memiliki bahan basic logam.

Pada sekarang ini juga, pemakaian seni kriya logam sangat eksis. Struktur yang padat serta kuat, buat logam diambil jadi bahan basic yang pas untuk perlengkapan rumah tangga. Contoh perlengkapan dapur yang disebut yaitu sendok, garpu, panci, wajan, serta pisau. Kehadiran hasil kriya logam itu begitu diperlukan di tiap-tiap rumah tangga.