Beberapa jenis Kertas untuk Pencetakan Poster

Posterr

Type kertas untuk cetak photo digital dengan kwalitas serta harga yang bermacam. Perubahan alat bikin (printer) saat ini amat cepat, beberapa hingga kita belum juga pernah mengetahui satu type printer, type yang beda telah mengedar dipasaran. Berlainan dengan kertas foto printing yang relatif tetaplah, meskipun ada perbaikan berbentuk kulitas kertas serta kemampuannya. Untuk kita yang juga akan menekuni dunia Digital Foto Studio mengetahui type kertas foto printing harus hukumnya, karna hal semacam ini terkait segera dengan kenikmatan customer.

Bukanlah bermakna harga kertas mahal juga akan hasilkan hasil cetakan maksimal, pengetahuan type printer (tehnologi, rpm serta tinta yang digunakan) serta type kertas photo begitu memastikan hasil akhir cetakan (di luar kekuatan editing photo). Karenanya kita butuh mencocokkan type printer, type tinta, rpm printer dengan type kertas untuk hasilkan kwalitas cetakan photo yang sesuai sama bahkan juga memuaskan customer.

Terdapat banyak type kertas photo printing yang beredar banyak dipasaran, salah satunya :
1. Matte/Doff paper
Begitu gampang menyerap tinta hingga dapat digunakan untuk ngumpetin kwalitas tinta serta printer sekalian tidak memantulkan sinar. Cetak photo warna dapat diliat dari kebutuhannya. Bila untuk dibingkai atau banyak dipegang-pegang, kertas doff lebih awet serta tidak lengket. Kertas type ini sering jadi referensi untuk kertas bikin photo dengan hasil yang bagus.

2. Sublime Paper
Kertas type ini bukanlah dipakai untuk cetak photo jadi pajangan di rumah, didompet atau untuk dibingkai namun kertas ini dipakai jadi mediator (media penghubung) transfer gambar ke t-shirt (kaos). Jadi apabila kita menginginkan satu gambar dipindahkannya ke t-shirt (kaos) jadi manfaatkanlah type Sublim Paper karna kertas ini dapat mengubahkan tinta dengan maksimum ke t-shirt.

3. Double-Side Paper
Type kertas ini dapat dipakai untuk cetak photo pada ke-2 sisinya (depan serta belakang). Kwalitas photo yang dibuat juga cukup bagus, tidaklah terlalu mengkilap serta relatif doff. Type kertas ini pas dipakai untuk cetak pamflet yang umumnya dipakai untuk fasilitas promosi, hingga beberapa customer bisa lihat dikedua sisinya.

4. Fiber matte
Kertas Fiber Base paling tahan lama, karna dia memakai kertas dengan pH netral (umum di sebut Archival Paper).

5. Pemium Glossy Foto Paper
Kertas type ini umum dimaksud oleh beberapa pemakainya dengan sebutan high glossy, kertas type ini dapat hasilkan cetakan dengan dampak yang lebih mengkilap. Kertas type ini begitu pas untuk mengcetak photo dengan resolusi tinggi. Meskipun harga kertas ini lebih mahal namun bila kita pakai, juga akan hasilkan cetakan photo yang maksimum serta lebih cerah.

6. Sticker Glossy Foto Paper
Seringkali kita menjumpai sticker yang menghadirkan photo dengan warna basic kertas putih serta mengkilap, type ini begitu pas untuk kepentingan pembuatan sticker dan dapat cetak photo memiliki resolusi tinggi.

7. Laster Foto Paper
Laster photo paper umumnya dipakai untuk kepentingan dokumenter karna type kertas ini begitu awet bahkan juga dapat bertahan sampai beberapa puluh th., tidak gampang sirna, dapat hasilkan dampak doff, serta begitu pas untuk photo dengan resolusi tinggi. Permukaan kertas yang serupa kulit jeruk yaitu keunikan untuk membedakan dengan type kertas beda. Ketahanan hasil cetakan buat beberapa customer senang, mungkin saja type ini dapat jadi pertimbangan bila kita menginginkan serius di dunia digital photo printing.

8. Glossy Foto Paper/glanz paper
Kertas ini adalah type standard bikin photo. Dengan type kertas yang mengkilap, permukaan memantulkan sinar, permukaan lebih lengket pada kaca pigura serta putih dapat hasilkan cetakan yang standard. Bisa dipakai untuk photo resolusi tinggi serta harga kertas yang relatif murah (standard bikin photo).

9. Canvas Paper
Type kertas ini bila kita pakai untuk cetak photo juga akan hasilkan cetakan dengan sentuhan canvas seperti satu lukisan. Hasil akhir cetakan juga akan menghadirkan photo yang persis dengan kertas canvas.

10. Inkjet Paper
Kertas ini kurang pas untuk kepentingan digital photo printing, type kerta inkjet ini umumnya dipakai untuk kepentingan grafis, seperti cetak sketsa gambar, proof arsitektur tempat tinggal, grafik bar, dsb. Kwalitas kertasnya semakin bagus dari type HVS karna serapan pada tinta semakin bagus serta cepat kering.

11. Metallic paper
Seperti glossy, tapi lebih mengkilap sekali lagi, ada sedikit warna keemasan/metalik. Metallic paper memiliki permukaan halus serta tampak agak mengkilat. Begitu pas dengan namanya karna ada titik-titik metallic pada permukaan kertas ini.

12. Metallic + laminating paper
Nyaris sama juga dengan metallic paper tetapi pada satu diantara bagian ada plastik atau semacamnya yang menutupi.

13. Silky paper
Permukaan kertas lembut tetapi tidak mengkilat. Daya lekat tinta cukup tinggi hingga tinta tidak gampang bercecer. Sekalian sisi permukaan kertas ini tidak gampang terikut oleh head printer buat hasil cetakan jadi tambah baik.