Bagian Yang Sangat Mempengaruhi Kinerja PC

Personal Computer atau PC adalah alat yang sangat powerful untuk melakukan berbagai pekerjaan, seperti multimedia, bermain game, hingga menyimpan dan mengolah data. Memang sekarang sudah banyak bermunculan laptop dengan spesifikasi yang diklaim mampu menandingi laptop, tapi tetap saja ketika diajak untuk bertempur menyelesaikan berhari-hari nonstop, tetap PC yang punya kemampuan yang lebih dapat diandalkan. Karena kekuatannya ini, PC tetap menjadi pilihan banyak profesional untuk menyelesaikan pekerjaan miliknya. Ada beberapa hal yang sangat mempengaruhi kinerja PC, sehingga jika Anda akan membeli PC untuk keperluan pekerjaan Anda, haruslah memperhatikan hal ini. Agar Anda tidak salah dalam memilih, berikut ini referensi dari kami.

1. Prosesor

Prosesor atau komponen untuk memproses ini adalah pusat dari PC. Semua pekerjaan yang dilakukan oleh PC diproses di prosesor. Jika dianalogikan, prosesor ini seperti otak dari komputer. Jadi kecepatan atau kemampuan PC sangat ditentukan oleh kecepatan prosesor. Jika Anda membeli PC dengan prosesor yang lambat, jangan berharap PC Anda akan mampu bekerja dengan cepat. Jadi pilihlah PC dengan prosesor yang memiliki kecepatan mumpuni, sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda.

2. Random Acces Memory (RAM)

Random Accesa Memory atau RAM ini pun sangat perlu diperhatikan jika akan membeli PC. Kenapa? Karena RAM ini tempat menyimpan memory ketika menjalankan program/software. Tiap kalo Anda membuka software di PC, tampilan yang muncul di monitor, semuanya disimpan di RAM. Ketika Anda membuka atau menjalankan banyak software sekaligus, tentunya akan banyak yang harus disimpan di RAM. Itulah sebabnya Anda harus membeli PC yang memiliki RAM yang besar. Untuk menjalankan sofware-software saat ini, paling tidak Anda butuh RAM dengan ukuran minimal 2GB, agar kinerja PC Anda optimal.

3. Graphic Card

Graphic card atau biasa disebut VGA card ini berhungan dengan grafis dari PC. Dibutuhkan jika Anda ingin menjalankan software multimedia, atau memainkan sebuah game. Semakin detail dan halus gambar yang ingin ditampilkan, maka Anda membutuhkan VGA card canggih. Jika Anda membeli PC dengan VGA yang lemah, Anda akan sulit menjalankan software multimedia atau bermain game yang menampilkan gambar yang kompleks.