Aliran dalam Seni Modern

jenis Seni Modern

Seni Modern dan Alirannya

Setiap apapun yang ada dalam dunia ini baik itu sesuatu yang hidup atau benda mati memiliki banyak keindahan dilihat dari berbagai sudut pandang. Keindahan akan lebih terasa hidup dan berwarna ketika dibumbuhi sentuhan seni, seni menjadi lebih indah saat membuat sesuatu dengan rasa dan digores dengan perpaduan titi, bidang, bentuk serta tema yang bervariasi. Penggunaan seni dapat diamati dengan terlebih dahulu mengetahui aliran dalam seni. Maka dari itu akan dibahas mengenai aliran yang terdapat pada seni rupa, berikut ulasan lengkapnya.

Alisan dalam seni Modern:

  1. Aliran seni rupa impresionisme

Impresionisme merupakan aliran dalam seni rupa yang lebih menitik beratkan pada kesan pertama ketika melihat hasil seni tersebut dengan sekilas. Seni impresionisme memiliki karakteristik tersendiri berupa seni ini menggunakan gambar yang tidak dapat dilihat secara lengkap bahkan terlihat samar-samar dan blur. Kemudian aliran ini lebih sering menggambar suatu objek yang hidup seperti manusia dan hewan,tumbuhan. Tokoh terkenal yang membawakan seni impresionisme dalam seninya yakni vincent, mary, aguste dan lain sebagainya.

  1. Seni Rupa Ekspresionisme

Selanjutnya seni rupa ekspresionisme merupakan aliran seni yang lebih menorehkan tentang perasaan yang sedang dirasakan, karena hal itu disebut sebagai ekspresionisme yang berarti mengekspresikan perasaan saat ini. Selanjutnya ciri utama dalam keunikan seni ini berupa megekspresikan prasaan berupa kesediahan, ketakutan, kekerasan serta kemiskinan dan hal yang menyangkut tentang ekspresi wajah manusia. Kemudian ada bebebrapa tokoh yang memopulerkan seni ekspresionisme salah satu diantaranya bernama paul, ernerst, emile dan vincent.

  1. Seni rupa romantisme

Seni rupa yang kali ini lebih menekankan pada romantis atau berhubungan dengan percintaan layaknya anak muda dan pasangan yang baru menikah. Serta menonjolkan nilai-nilai estetika, irasional dan absurd. Pada umumnya aliran seni romantis memiliki ciri lebih dominan mengarap pada sasaran objeknya berupa manusia yang sejoli dan berpasangan antara laki-laki dan perempuan. Tokoh yang sangat terkenal dalam aliran ini berupa eugene, victor,ferdinand dan sebagainya.

  1. Seni rupa realisme

Aliran seni realisme merupakan aliran yang menggunakan objek tulisan berupa kejadiaan dalam kenyataan seperti nelayan yang sedang menacari ikan, petani yang sedang bekerja disawah dan lain sebagainya. Keseluruhan dalam seni realisme menggunakan objek dengan goresan yang sesuai dan detail sedetailnya agar nampak seperti nyata. Tokoh yang berperan dalam aliran ini bernama fransisco, charles dan gustove.